Banksasuci Foundation

Wadah Para Penggiat dan Aktivis Lingkungan Hidup

Averrhoa Bilimbi (Belimbing Wuluh) Kaya Antioksidan dan Sederet Manfaatnya

Averrhoa Bilimbi (Belimbing Wuluh) Kaya Antioksidan dan Sederet Manfaatnya

Averrhoa bilimbi atau Belimbing wuluh merupakan tanaman jenis buah dan obat tradisional, sudah sering dimanfaatkan masyarakat diantaranya untuk mengobati penyakit seperti batuk dan radang rektum.

Buah yang satu ini memang tidak sepopuler buah pencuci mulut lainnya. Padahal bila matang, buah ini memiliki rasa manis yang menyegarkan. Belimbing buah asli India dengan bentuk unik itu ada dua jenis, belimbing manis (Averrhoa Carambola) dan belimbing sayur atau belimbing wuluh (Averrhoa bilim) yang rasanya asam.

Buah belimbing mempunyai kandungan gizi cukup tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam 100 gram buah belimbing yang matang mengandung energi (35 kal), protein (50 gram), lemak (0,7 gram), karbohidrat (7,70 gram), kalsium (8 mg), serat (0,90 gram) vitamin A (18 RE), vitamin C (33Mg) dan niacin (0,40 gram).

Untuk kesehatan berbagai manfaat dapat diambil dari belimbing manis. Sebagai sumber vitamin, khususnya vitamin A dan C, belimbing ampuh sebagai antioksidan dalam memerangi radikal bebas. Buah ini juga mampu membantu mencegah penyebaran sel-sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah sariawan.

Belimbing mengandung pektin yang mampu mengikat kolesterol dan asam empedu yang terdapat dalm usus dan membantu pengeluarannya. Selain itu, buah ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Kandungan serat yang tinggi, membuat belimbing bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan. Kadar kalium yang tinggi, serta natrium yang rendah, juga cocok sebagai obat hipertensi. Untuk penggemar buah yang memiliki kelebihan berat badan, belimbing baik untuk pilihan karena mengandung kalori yang rendah.

Selain manfaat yang dapat diambil dari buah bunga dan akar pohon belimbing pun memiliki khasiat. Bunga belimbing ternyata memiliki sifat khas manis dan menetralkan plus kandungan kimia berupa glukosida, vitamin B, dan vitamin C.

Bunga belimbing manis memiliki khasiat sebagi antipiretik dan ekspektoran. Bunga belimbing manis dapat dimanfaatkan untuk mengatasi batuk pada anak-anak. Akar pohon belimbing juga dapat dimanfaatkan untuk sakit kepala dan nyeri persendian (rematik). Jika ada buah belimbing di pasar, jangan ragu untuk membeli.

Averrhoa Bilimbi Antioksidan

Dikutip dari Repository IPB, Senyawa fitokimia yang terkandung pada ekstrak etanol daun belimbing wuluh adalah saponin, tanin, steroid, flavonoid, dan alkaloid.

Kandungan total fenolik dan flavonoid ekstrak etanol daun belimbing wuluh secara berturut-turut sebesar 39.03 μg GAE/mg ekstrak dan 97.28 μg QE/mg ekstrak.

Ekstrak etanol daun belimbing wuluh memiliki aktivitas antioksidan yang tergolong sangat kuat, sementara aktivitas antiinflamasinya terutama ditunjukkan pada konsentrasi ekstrak 200 μg/ mL yang memiliki nilai persen inhibisi hemolisis paling tinggi.

Ekstrak etanol daun belimbing wuluh berpotensi menjadi salah satu sumber antioksidan dan antiinflamasi alami berdasarkan uji aktivitas antioksidan dan antiinflamasi dengan metode DPPH dan stabilisasi membran sel darah merah.

Averrhoa Bilimbi untuk Pengobatan Diabetes Melitus

Diabetes melitus merupakan suatu penyakit metabolik yang ditandai dengan terjadinya peningkatan kadar glukosa dalam darah akibat kurangnya sekresi insulin, kerja insulin, ataupun keduanya.

Kadar glikemi yang berlebihan dapat menyebabkan terbentuknya radikal bebas untuk menjadi suatu oksigen reaktif.

Daun belimbing wuluh atau Averrhoa bilimbi adalah tumbuhan yang telah dipercayai dapat digunakan sebagai pengobatan herbal dalam mengatasi diabetes mellitus.

Kandungan di dalam daun belimbing wuluh menurut uji efektifitas yang dilakukan fakultas kedokteran Unila paling berperan penting sebagai antioksidan dan antidiabetes adalah Flavonoid. Flavonoid merupakan senyawa fenol yang memiliki beberapa aktivitas farmakologikal.

Metode yang digunakan adalah metode maserasi. Dalam metode ini telah cukup dibuktikan melalui suatu penelitian bahwa daun belimbing wuluh bersifat poten terhadap penyakit diabetes.

Selain itu daun belimbing wuluh juga memiliki aktivitas antibakteri terhadap Escerichia coli dan Staphylococcus aureus. Diketahui bahwa tingkat prevalensi penderita diabetes di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya.

Yuk Order Averrhoa Bilimbi sekarang !

order averrhoa bilimbi disini

Info Keren

Masih banyak info lainya nih!

Tengok juga aksi keren para aktivis dan penggiat lingkungan hidup Banksasuci dengan bermacam kegiatan lainnya

averrhoa bilimbi antioksidan

AverrHoa

Averrhoa Bilimbi, Sari Belimbing Wuluh untuk meredakan dan mencegah segala penyakit
averrhoa